Home »
» SEJARAH TEKNOLOGI GAME
Permainan komputer atau bisa di sebut game merupakan suatu permainan yang di visulisasikan melalui suatu media tampilan yang memerlukan interaksi dari
pemainnya menggunakan alat tertentu. Disebut permainan komputer karena
menggunakan suatu perangkat elektronik untuk menjalankan dan memainkan
permainan tersebut, contohnya komputer dan konsol game, di sinilah permainan
komputer dibagi berdasarkan perangkat elektronik mana yang bisa menjalankanya.
Permainan tersebut (platform), platform permainan komputer ini bermacam-
macam dari yang berukuran besar seperti komputer, yang lebih kecil seperti
playstation, sampai yang bisa digenggam seperti playstation portable, dan
permainan komputer yang khusus seperti mesin permainan arcade atau ding dong.
Sejarah Permainan Komputer berawal pada tahun 1947, dimana ide dari
“Tabung Sinar Katoda Sebagai Alat Hiburan” dikemukakan oleh Thomas T. Goldsmith
Jr. dan Estle Ray Mann. Berawal dari tampilan radar yang mempunyai sebuah alat
analog yang mana pemakainya dapat mengendalikan titik vektor pada tampilan,
yang mensimulasikan suatu proyektil yang sedang ditembaki. Contoh lainnya adalah
komputer NIMROD pada saat diselenggarakannya “Festival of Britain” pada tahun
1951. Kemudian Alexander S. Douglas OXO dengan EDSAC-nya pada tahun 1952. Lalu
William Higinbotham's memperkenalkan game interaktif yang dinamakan “Tennis
untuk dua pemain” pada tahun 1958, dan pelajar MIT Martin Graetz, Steve Russell,
dan Wayne Wiitanen untuk computer DEC PDP-1 dengan game Spacewar! pada
tahun 1961. Setiap game menggunakan tampilan yang berbeda – beda, NIMROD
menggunakan jendela cahaya untuk memainkannya, OXO menggunakan tampilan
grafis untuk memainkan tic-tac-toe, Tennis untuk dua pemain menggunakan
osilokop untuk menampilkan lapangan tenis dari samping, dan Spacewar!
menggunakan DEC PDP-1 untuk menampilkan dua pesawat luar angkasa yang saling
berperang satu sama lain.
Pada tahun 1971 Komputer Space game yang dimainkan dengan koin beredar
dan menjadi video game pertama yang terjual secara komersil yang dibuat oleh
Nolan Bushnell dan Ted Dabney. Game ini menggunakan televisi yang mengunakan
sinyal video sebagai media tampilannya.
Kemudian diikuti dengan Magnavox Odyssey konsol video game pertama pada
tahun 1972 yang dikembangkan pada akhir tahun 1960, yang berawal dari prototipe
konsol video game yang dikembangkan oleh Ralph H. Baer yang dinamakan "Brown
Box", juga menggunakan televisi yang menggunakan sinyal video sebagai media
tampilan. Sistem ini diikuti oleh dua versi Atari Pong. Versi arcade dirilis tahun 1972 dan versi konsol dirilis pada tahun 1975. Sukses di pasaran menyebabkan cloning game pong banyak bermunculan, akibatnya menyebabkan perusahaan-perusahaan yang lain mengembangkan sistem mereka sendiri. Dari sinilah industri video game atau komputer game mulai berkembang.
Interaksi yang terjadi dalam permainan komputer menggunakan suatu alat yang
digunakan untuk menggerakan permainan, yang disebut pengontrol permainan
(game controller), pengontrol ini bervariasi berdasarkan platform. Pengotrol
permainan pun mengalami perkembangan, dari yang tadinya hanya menggunakan
keyboard, sekarang telah menggunakan mouse dan joystick untuk mengontrol
platform computer.
Platform barupun mulai bermunculan seperti konsol, salah satunya adalah
Playstation yang menggunakan alat pengotrol berupa stick , mempunyai beberapa
tombol dan dihubungkan dengan sebuah kabel. Dan mesin konsol yang paling baru
saat ini adalah playstation 3, dimana alat pengontrolnya menggunakan stick tanpa
kabel dan mempunyai sensor gerakan. Sebagai contoh, game balapan mobil di
playstation 3 dimainkan hanya dengan memiringkan pengontrolnya ke kiri, maka
mobil akan berbelok ke kiri dengan sendirinya tanpa menekan tombol apapun.
Referensi:
Modul Merancang dan Membuat Game Untuk Pemula
Laboratorium Pengembangan Pengolahan Citra
Nice artikel gan :D
BalasHapustp masa PS dulu yang pake stick, Sega kemana cooyyy wkwkwk :p
Mampir2 lah ke blog ane, lempar2 cendol gan wkwkwkwk :D
nice!
BalasHapusokay pak haha